Tuesday, July 5, 2016

Selamat Datang Ke Kawasan 1000 Rumah Gadang


Tempat yang indah dan luar biasa ini pernah di kunjungi oleh salah satu putri proklamator Indonesia, Bung Hatta, yakni Meutia Farida Hatta Swasono, pada tahun 2008 yang lalu. Saat itu, beliau menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan semasa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Meutia Hatta memberikan julukan Solok Selatan sebagai Nagari Seribu Rumah Gadang karena masih banyaknya rumah yang berciri khas gonjong itu di sana.

Jika Anda ingin menikmati suasana perkampungan tradisional Minangkabau tempo dulu yang masih asli dan terjaga kelestariannya silahkan datang ke Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok Selatan yang berjarak kurang lebih 30 km dari Kota Padang Aro Ibukota kabupaten Solok Selatan. Memasuki Nagari Koto Baru pengunjung akan menyaksikan perkampungan Minangkabau masa lampau. Ratusan rumah adat Minangkabau atau Rumah  Gadang di kiri kanan sepanjang jalan perkampungan sebagian besar masih terjaga keasliannya. Pemandangan rumah-rumah adat yang artistik ini mampu menghilangkan Letih dan lelah setelah menempuh perjalanan panjang dengan jarak kurang lebih 120km dan memakan waktu kurang lebih 3,5 jam dari Kota Padang ibukota provinsi Sumatera Barat.

Memasuki Nagari Koto Baru terlihat plang raksasa bertuliskan "Kawasan Saribu Rumah Gadang" di samping pintu masuk Masjid Raya Koto Baru. di kawasan yang berada di Kecamatan Sungai Pagu tersebut setidaknya terdapat 174 rumah gadang dari berbagai bentuk dan jumlah gonjong yang berbeda-beda, ini menandakan beraneka ragam suku minang diminangkabau seperti suku Melayu, Sikumbang, Kampai DLL, yang menempati kawasan 1000 Rumah gadang ini.

Disini juga tersedia penginapan untuk tamu yang ingin merasakan sensasi menginap di kawasan Seribu Rumah Gadang Kami dari Solok Selatan Tours Menyediakan Pilihan Home Stay untuk para tamu yang ingin menikmati sensasi Menginap di Rumah Gadang.

Silahkan Hubungi Kami melalui halaman kontak
 Solok Selatan Tours 

Berikut adalah foto-foto ekslusif tentang suatu tempat indah luar biasa yang di kenal dengan Nagari 1000 Rumah Gadang dari berbagai Koleksi yang termasuk disana adalah koleksi Foto Bapak Nofrin Napillus dimana beliau ini lebih dikenal sebagai salah seorang yang sangat giat mempromosikan Pariwisata Minangkabau secara umum dan Pariwisata Solok Selatan secara Khususnya.







Ingin Menjelajahi dan Menikmati Eksotisnya Solok Selatan Silahkan Hubungi Kami:



7 comments:

  1. dari dulu pengen ke padang belum kesampean,
    nice gan klo bisa tambahin lg biar tambah dtau destinasi nya nanti klo mau maen

    ReplyDelete
  2. Mau tanya, biaya nginap per orang di rumah gadang brp ? apakah termasuk makan ?
    kontak untuk menginap di nomer brp ?

    ReplyDelete
  3. Ada no kontaknya jika ingin menginap d sini??

    ReplyDelete
  4. Rumah Gadang, pakaian adat, kesenian adat harus dipertahankan dan dilestarikan. Karena ini adalah warisan peradaban yang luar biasa.

    ReplyDelete