Sunday, November 12, 2017

Festival 1000 Rumah Gadang di Solok Selatan

Pagelaran Festival Seribu Rumah Gadang (SRG), Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, yang rencanannya dilaksanakan pada 19 hingga 21 November 2017 diharapkan bisa dijadikan kalender wisata atau event wisata yang terjadwalkan di daerah itu. Festival Seribu Rumah Gadang akan diselenggarakan bertepatan dengan digelarnya event akbar balap Tour de Singkarak (TdS) 2017.

Festival yang dipusatkan di Kawasan Seribu Rumah Gadang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu tersebut, dilaksanakan untuk memeriahkan event tahunan balap sepeda tersebut. Dengan persiapan yang matang dan melibatkan sumber daya manusia yang profesional, diharapkan festival tersebut mampu menggaet pelancong dan menjadi hiburan bagi masyarakat Solok Selatan.


Kawasan tersebut setidaknya telah ada sepuluh homestay dengan memanfaatkan rumah adat Minangkabau. Festival tahun ini merupakan tahap pertama dari rangkaian festival serial untuk tahun-tahun berikutnya, katanya.

Sejumlah agenda sudah direncanakan untuk Festival Seribu Rumah Gadang di antaranya arak-arakan prosesi adat, penyambutan bupati dan wisatawan dengan musik Gandang Sarunai, Silek Luncua dan Pasambahan.

Kemudian "makan bajamba", penampilan Randai, Saluang, Rabab, pameran kuliner asli Solok Selatan dengan kemasan tampilan masa lampau.

Panggung Anak Nagari (Talempong goyang, tari-tarian, dll, Kunjungan para pelajar, Carnaval Tari, Band Tradisi (menggabungkan instrumen tradisi), Saluang Panjang, Dikie Rabana.

Kemudian empat titik pencak silat juga akan ditampilkan, yakni Silat Luncua, Silat Harimau, Silat Langkah Empat dan Silat Pangiyan Rajo Bungsu, serta penampilan Silek Pedang dan Pasambahan.Festifa

0 comments:

Post a Comment